Sabtu, 16 Mei 2009

Back to Basic Action

Back to Basic adalah langkah yang harus dilakukan untuk bertahan melalui masa krisis, maka untuk melakukan tindakan Back to Basic, seorang pimpinan dealer harus melakukan hal-hal sebagai berikut:
  • Memperbaiki fungsi team anda sesuai tugas dan posisinya
  • Memberikan Tugas yang jelas dan tepat sesuai dengan fungsinya
  • Melakukan evaluasi untuk apa yang sudah anda lakukan selama ini
  • Sumber Daya anda terbatas, Pilihlah aktivitas apa yang paling baik yang telah anda lakukan selama ini
  • Melipatkan Jumlah aktivitas yang baik dan tingkatkan kecepatan dalam melaksanakannya
  • Mulai melihat apa yang belum pernah anda lakukan, berani Investasi untuk mencoba hal-hal yang baru (INNOVASI)
  • Perketat sistem reporting anda untuk mempermudah melakukan evaluasi à dokumentasi kesuksesan
  • Lakukan coaching secara lebih intensif-pengalaman dan leadership anda sangat dibutuhkan


Untuk dapat melakukan hal tersebut diatas, maka sikap owner menghadapi krisis ini haruslah :
  1. Harus ada KEMAUAN untuk BERUBAH, TEGAS dalam mengambil KEPUTUSAN, KOMITMEN pada TINDAKAN, dan bersikap POSITIF
  2. Fundamental Bisnis Harus diperbaiki (Cost Rendah, Operasional Baik, SDM Tangguh)
  3. Jeli Melihat Peluang Baru Selalu ada kesempatan dalam sebuah krisis
  4. INNOVASI, Pengaturan Strategi yang Innovatif.

Hanya orang Gila saja, yang melakukan hal yang sama terus menerus, tetapi mengharapkan hasil yang berbeda
-- Albert Einstein