Sabtu, 03 September 2011

Customer Service

Pelayanan Pelanggan atau Customer service merupakan suatu kesatuan yang tidak bsia dipisahkan dari suatu bisnis Dan sebuah asset yang paling penting dari suatu perusahaan adalah pelanggannya.


Tanpa pelanggan maka suatu perusahaan tidak akan bisa eksis dalam suatu bisnis. Bila kita memuaskan pelanggan kita, maka mereka tidak hanya membantu kita tumbuh dengan terus melakukan bisnis dengan kita, tetapi merekomendasikan perusahaan kita kepada teman dan rekan mereka.

Sepuluh Perintah Bagi Customer Service

1. Know who is boss / kenali siapa yang bos.
Anda dalam usaha untuk melayani kebutuhan pelanggan, dan Anda hanya bisa melakukannya jika Anda tahu apa yang pelanggan Anda inginkan. Bila Anda benar-benar mendengarkan pelanggan Anda, mereka membiarkan Anda tahu apa yang mereka inginkan dan bagaimana Anda dapat memberikan pelayanan yang baik.. Jangan lupa bahwa pelanggan membayar gaji kami dan membuat pekerjaan Anda mungkin.

2. Be a good listener /Jadilah pendengar yang baik.
Luangkan waktu untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dengan mengajukan pertanyaan dan berkonsentrasi pada apa yang pelanggan benar-benar mengatakan. Dengarkan kata-kata mereka, nada suara, bahasa tubuh, dan yang paling penting, bagaimana mereka merasa. Hati-hati membuat asumsi - berpikir secara intuitif Anda tahu apa yang diinginkan oleh pelanggan. Apakah Anda tahu apa tiga hal yang paling penting bagi pelanggan Anda?

3. Mengidentifikasi dan mengantisipasi kebutuhan.
Pelanggan tidak membeli produk atau jasa.. Mereka membeli perasaan yang baik dan solusi untuk masalah. Kebanyakan kebutuhan emosional pelanggan tidak logis. Semakin Anda mengenal pelanggan Anda, baik Anda dalam mengantisipasi kebutuhan mereka. Berkomunikasi secara teratur agar Anda menyadari masalah atau kebutuhan yang akan datang.

4. Make customers feel important and appreciated / Buatlah pelanggan merasa penting dan dihargai.
Perlakukan sebagai individu. Selalu menggunakan nama mereka dan menemukan cara untuk memuji mereka, tetapi tulus.. Orang menghargai ketulusan. Hal ini menciptakan perasaan yang baik dan kepercayaan. Pikirkan tentang cara-cara untuk menghasilkan perasaan yang baik tentang melakukan bisnis dengan Anda. Pelanggan sangat sensitif dan tahu apakah Anda benar-benar peduli tentang mereka. Berterimakaihlah kepada mereka setiap kali Anda mendapatkan kesempatan. Bahasa tubuh Anda menunjukkan ketulusan Anda. Kata-kata dan tindakan Anda harus selaras

5. Help customers understand your systems / Bantu pelanggan memahami sistem Anda.
Organisasi yang terbaik di dunia dapat memiliki sistem untuk menyelesaikan sesuatu, tetapi jika pelanggan tidak memahami mereka, mereka bisa bingung, tidak sabar dan marah. Luangkan waktu untuk menjelaskan bagaimana sistem kerja Anda dan bagaimana mereka menyederhanakan transaksi. Berhati-hatilah bahwa sistem Anda tidak mengurangi unsur SDM dalam organisasi Anda.

6. Appreciate the power of "Yes / Menghargai kekuatan "Ya".
Selalu mencari cara untuk membantu pelanggan Anda. Ketika mereka memiliki permintaan (asalkan masuk akal) memberitahu mereka bahwa Anda bisa melakukannya.. Mengetahui bagaimana sesudahnya. Carilah cara untuk mereka dalam melakukan bisnis dengan Anda itu mudah. Selalu melakukan apa yang Anda katakan akan Anda lakukan.

7. Know how to apologize / Tahu bagaimana untuk meminta maaf.
Ketika ada sesuatu yang salah mintalah maaf Mungkin pelanggan tidak selalu benar, tetapi pelanggan harus selalu menang Hadapi masalah segera dan biarkan pelanggan tahu apa yang telah Anda lakukan. Buatlah sederhana bagi pelanggan untuk menyampaikan keluhan mereka. Hargai keluhan mereka. Sebanyak yang dikeluhkan dan kita tidak menyukainya, hal tersebut memberikan kita kesempatan untuk semakin memperbaiki kinerja perusahaan kita. Bahkan jika pelanggan mengalami sesuatu yang buruk, adalah tugas kita untuk bagaimana membuat mereka merasa nyaman.

8. Give more than expected/Memberi lebih dari yang diharapkan.
Masa depan semua perusahaan terletak dalam bagaimana cara mempertahankan pelanggan supaya senang, dan memikirkan cara untuk meningkatkan perusahaan di atas kompetitor.

Pertimbangkan hal berikut:
-Apa yang dapat Anda berikan kepada pelanggan yang mereka tidak bisa dapatkan di tempat lain?
-Apa yang dapat Anda lakukan untuk tindak lanjut dan terima kasih kepada customer bahkan ketika mereka tidak membeli ?

9. Get regular feedback/Dapatkan umpan balik regular.
Mendorong menerima saran-saran tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan perusahaan Anda.. Ada beberapa cara di mana Anda dapat mengetahui apa yang pelanggan pikirkan dan rasakan tentang layanan Anda.
-Dengarkan dengan cermat apa yang mereka katakan.
-Periksa kembali secara teratur untuk melihat bagaimana hal tersebut terjadi.
-Menyediakan metode yang mengundang kritik konstruktif, komentar dan saran.

10. Treat employees well / Perlakukan karyawan dengan baik.
Karyawan adalah pelanggan internal Anda dan memerlukan dosis penghargaan secara teratur. Berterimakasihlah kepada mereka dan temukan cara untuk membiarkan mereka tahu betapa pentingnya mereka. Perlakukan karyawan Anda dengan hormat dan mereka akan melakukan hal yang lebih lagi bagi pelanggan. Apresiasi berasal dari atas. Memperlakukan pelanggan dan karyawan adalah sama pentingnya.