Back to Basic adalah langkah yang harus dilakukan untuk bertahan melalui masa krisis, maka untuk melakukan tindakan Back to Basic, seorang pimpinan dealer harus melakukan hal-hal sebagai berikut:
- Memperbaiki fungsi team anda sesuai tugas dan posisinya
- Memberikan Tugas yang jelas dan tepat sesuai dengan fungsinya
- Melakukan evaluasi untuk apa yang sudah anda lakukan selama ini
- Sumber Daya anda terbatas, Pilihlah aktivitas apa yang paling baik yang telah anda lakukan selama ini
- Melipatkan Jumlah aktivitas yang baik dan tingkatkan kecepatan dalam melaksanakannya
- Mulai melihat apa yang belum pernah anda lakukan, berani Investasi untuk mencoba hal-hal yang baru (INNOVASI)
- Perketat sistem reporting anda untuk mempermudah melakukan evaluasi à dokumentasi kesuksesan
- Lakukan coaching secara lebih intensif-pengalaman dan leadership anda sangat dibutuhkan
Untuk dapat melakukan hal tersebut diatas, maka sikap owner menghadapi krisis ini haruslah :
- Harus ada KEMAUAN untuk BERUBAH, TEGAS dalam mengambil KEPUTUSAN, KOMITMEN pada TINDAKAN, dan bersikap POSITIF
- Fundamental Bisnis Harus diperbaiki (Cost Rendah, Operasional Baik, SDM Tangguh)
- Jeli Melihat Peluang Baru Selalu ada kesempatan dalam sebuah krisis
- INNOVASI, Pengaturan Strategi yang Innovatif.
Hanya orang Gila saja, yang melakukan hal yang sama terus menerus, tetapi mengharapkan hasil yang berbeda
-- Albert Einstein